Skip to main content

Penjelasan Root Secara Lengkapl Besrta Kelebihan Dan Kekurangan

Hasil gambar untuk root android



Apa itu root? secara alami root dalam bahasa indonesia adalah akar

Artinya dalam garis besar, root adalah dimana pengguna smartphone memiliki kendali penuh atas smartphone nya sampe ke akar akarnya.

Dengan root ini kamu bisa melakukan hal yang mungkin tidak bisa dilakukan orang lain, Anda bisa mengcustom Hp anda sesukanya.



Hasil gambar untuk bootloader




tapi, disini mungkin semua smartphone tidak bisa melakukan akses root terhadap smartphonenya dikarnakan sekarang ada yang namanya bootloader untuk mengunci perangkat tersebut. seperti HTC, Sony, Asus, Xiaomi dan perangkat keluaran dari google.

namun, pihak tersebut juga tidak memeberikan keterbukaan bagi pengguna untuk memodifikasi smartphone kalian bahkan mengubah sistem secara kendali penuh.

jadi, sebenernya kalo kita membeli hp, tidak semua fitur bisa kita nikmati . jika kita mau menggunakan semua fitur yang ada maka harus ada akses root.


Kelebihan Root 

- bisa mengkases seluruh sistem yang ada di smarphone mu
- bisa menghapus aplikasi bawaan. yang mungkin kita juga resah karna banyak aplikasi bawaan            yang mungkin tidak terlalu penting
- bisa membackup dan restore sistem secara penuh 
- mampu mengontrol kernel dan cpu dengan baik. artinya kita bisa mensetting kernel dan cpu semau    kita sesuai kebutuhan.
- menghidari wakelock. wakelock sendiri diartikan sebagai sistem yang terbangun oleh aplikasi yang    terus berjalan di background yang menganggu performa hp kalian

Kekurangan / Bahaya Root

- Kehilangan Garansi
- Memiliki tingkat keberhasilan 50% maka dari itu pikirkan baik baik jika adna ingin ngeroot hp anda
- tidak dapat pembaharuan melalui OTA
- celah keamanan yang melebar. dengan kita membuka semua akses yang ada maka tidak dipungkiri    tingkat keamanan pasti akan terbuka juga

jadi sudah cukup jelas kan kalo masi ada yang ingin ditanyakan komen aja ya atau ntar sya buat lebih detailnya

Cara mengetahui  apakah hp  anda sudah di root artikelnya nyusul ya ;)


Ahir kata saya ucapkan terimakasi silakan share artikel ini untuk terus mendapat pengetahuan!!

see you guys;)







Comments